MOTO

Ada Pepatah bahwa Kalau kita ingin selalu ingat maka kita harus selalu melihat dan mendengar, tetapi untuk melihat dan mendengar tidaklah gampang kecuali orang-orang yang mengetahui tip untuk melihat dan mendengar. Oleh karena menjadi pribadi yang baik manakala baik dalam melihat mendengar melihat dan mendengar hanya sepotong-sepotong akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sabtu, 15 Mei 2010

MANFAAT BANER

Manfaat Membuat Baner
Blog Merupakan salah satu media untuk komunikasi dan publikasi oleh karena itu blog juga dapat digunakan sebagai ajang untuk melakukan publikasi atau promosi, publikasi atau promosi dengan media blog ini dapat dilakukan dengan memasang Baner. Baner atau logo merupakan tampilan identitas organisasi atu perusahaan supaya mudah di kenal dan diingat oleh pihak lain (konsumen. Semakin menarik desain baner akan memberikan nilai tambah terhadap pengenalan dan popularitas organisasi karena orang biasanya akan tertarik dengan visualisasi yang menarik atau bahkan indah. Oleh karena itu dalam mempromosikan dan mengenalkan organisasi atau perusahaan Anda sebaiknya logo atau baner hendaknya didesain semenarik mungkin jika dilihat dari berbagai aspek. berikut ini adalah salah satu contoh bentuk baner yang dapat didesain oleh pemilik blog yang mungkin belum sempurna. Apabila tertarik dengan baner dibawah ini maka bisa di copy kode html dibawah ini dan bisa di pasang di gate blog anda.
baner

DOWNLOAD MANAJEMEN KUALITAS JASA

Manajemen & Pendidikan -

Pengertian Kualitas Jasa
Setiap organisasi yang ingin memenangkan persaingan dalam dunia industri akan memberikan perhatian penuh pada kualitas. Perhatian pada kualitas ini akan memberikan dampak yang positif terhadap bisnis yang dilakukannya. Kualitas mempunyai banyak definisi yang berbeda , menurut ( Gaspersz, 1997 ) definisi konvensional kualitas menggambarkan karakteristik langsung dari produk seperti performance, keandalan (reability) dan mudah dalam penggunaannya (ease of use ) estetika ( esthetic ), sedangkan definisi strtegik dari kualitas adalah segala sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Kotler (1997) mengatakan bahwa kualitas harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir dari persepsi pelanggan, hal ini berarti kualitas yang baik bukan dilihat dari persepsi penyedia jasa melainkan berdasar persepsi para pelanggannya. Persepsi pelanggan terhadap kualitas merupakan prilaku menyeluruh atas keunggulan suatu jasa. Hal ini didukung oleh pendapat Gale dan Buzzel (1989) serta Band (1989) bahwa yang dimaksud dengan kualitas adalah perceived quality, yaitu perspektif pelanggan.
Krajewski dan Ritzman (1990) membedakan kualitas menurut pandangan produsen dan konsumen. Menurut pandangan produsen, kualitas adalah kesesuaian antara spesifikasi, dalam hal ini produsen memberikan toleransi tertentu yang dispesifikasikan untuk atribut-atribut kritis dari setiap bagian yang dihasilkan. Dari sudut pandang konsumen kualitas adalah nilai yaitu seberapa baik suatu produk atau jasa menyediakan yang dimaksud dengan tingkat harga yang bersedia dibayar konsumen dalam menilai kualitas.
download[4]

DOWNLOAD PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCESCORCARD

Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard

Jumadi
Staf Pengajar Fakultas Ekonomi
Universitas Widya Mataram Yogyakarta
Dalem Mangkubumen KT. III/237

ABSTRACT
Tthe organizations can survived if that organization be prepared to the competitive, because with the high competition make the small profit . So organization in the change improvement highly for the production goods and survive. For that organization need toll for appraisal that production. Balance Scorecard is one tolls for that appraisal.

Keywords: Balanced Scorecard, competitive, production
PENDAHULUAN
Dunia bisnis yang semakin kompetitif menyebabkan perubahan besar luar biasa dalam persaingan, produksi, pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, dan penanganan transaksi antara perusahaan dengan pelanggan dan perusahaan dengan perusahaan lain. Persaingan yang bersifat global dan tajam menyebabkan terjadinya penciutan laba yang diperoleh perusahaan-perusahaan yang memasuki persaingan tingkat dunia. Hanya perusahaan-perusahaan yang memiliki keunggulan pada tingkat dunia yang mampu memuaskan atau memenuhi kebutuhan konsumen, mampu menghasilkan produk yang bermutu, dan cost effective (Mulyadi, 1997).
Perusahaan mempersiapkan perlu mempersiapkan dirinya agar bisa di terima di tengah perubahan lingkungan global. Hal ini memaksa manajemen untuk berupaya me nyiapkan, menyempurnakan ataupun mencari strategi-strategi baru yang menjadikan perusahaan mampu bertahan dan berkembang dalam persaingan tingkat dunia. Oleh karena itu perusahaan dalam hal ini manajemen harus mengkaji ulang prinsip-prinsip yang selama ini digunakan agar dapat bertahan dan bertumbuh dalam persaingan yang semakin ketat untuk dapat menghasilkan produk dan jasa bagi pasar.
Salah satu factor kunci di dalam memenangkan persaingan di pasar global adalah kualitas total yang mancakup yang mempokuskan pada kualitas produk, kualitas biaya atau harga, kualitas pelayanan, kualitas penyerahan tepat waktu, kualitas estetika dan bentuk-bentuk kualitas lain yang terus berkembang guna memberikan kepuasan terus menerus kepada pelanggan agar tercipta pelanggan yang loyal (Hansen dan Mowen, 1999). Sehingga meningkatnya persaingan bisnis memacu manajemen untuk lebih memperhatikan sedikitnya dua hal penting yaitu "keunggulan" dan "nilai".
Pengukuran kinerja me rupakan suatu faktor yang penting dalam perusahaan. Selain digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan, pengukuran kinerja juga dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan sistem imbalan dalam perusaan, misalnya untuk menentukan tingkat gaji karyawan maupun reward yang layak. Pihak manajemen juga dapat menggunakan pengukuran kinerja perusahaan sebagai alat untuk mengevaluasi pada periode yang lalu. Penilaian kinerja yang sering di gunakan adalah: ROI, Profit Margin dan Rasio Operasi sebetulnya belum cukup mewakili untuk menyimpulkan apakah kinerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan sudah baik atau belum. Hal ini disebabkan karena ROI, Profit Marjin dan Rasio Operasi hanya menggambarkan pengukuran efektivitas penggunaan aktiva serta laba dalam mendukung penjualan selama periode tgertentu. Ukuran-ukuran keuangan tidak memberikan gambaran yang riil mengenai keadaan perusahaan karena tidak memperhatikan hal-hal lain di luar sisi finansial misalnmya sisi pelanggan yang merupakan fokus penting bagi perusahaan dan karyawan, padahal dua hal tersebut merupakan roda penggerak bagi kegiatan perusahaan (Kaplan dan Norton, 1996).
Balanced Scorecard yang di kembangkan oleh Norton pada tahun 1990 merupakan salah satu teori yang dapat di terapkan dalam penilaian kinerja perusahaan. Hal ini di karenakan Balanced Scorecard merupakan suatu ukuran yang cukup komprehensif dalam mewujudkan kinerja, yang mana keberhasilan keuangan yang dicapai perusahaan bersifat jangka panjang (Mulyadi dan Johny Setyawan, 1999). Balanced Scorecard tidak hanya sekedar alat pengukur kinerja perusahaan tetapi merupakan suatu bentuk transformasi strategik secara total kepada seluruh tingkatan dalam organisasi. Dengan pengukuran kinerja yang komprehensif tidak hanya merupakan ukuran-ukuran keuangan tetapi penggabungan ukuran-ukuran keuangan dan non keuangan maka perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Untuk naskah lengkap silahkan download
download[4]

Selasa, 11 Mei 2010

DOWNLOAD GBPP DAN SAP MANAJEMEN OPERASI 1

GBPP dan SAP Manajemen Operasi I
Penyusunan silabus, rencana mutu pembelajaan, handout, dan bahan ajar dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut:
1.Kualitas pendidikan di perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh kurikulum yang direncanakan dan disusun.
2.Perguruan tinggi harus mempunyai kurikulum yang baku, baik untuk pedoman pembelajaran, kepentingan akreditasi maupun kepentingan dalam kerjasama dengan pihak luar.
3.Pelaksanaaan perkuliahan harus berdasarkan kurikulum yang disusun dan direncanakan dengan baik.
4.Kurikulum yang direncanakan harus mencakup silabus/course outline, rencana mutu pembelajaran (RMP ATAU GBPP DAN SAP), materi ajar, dan hand-out.
Apabila ingin membaca GBPP dan SAP silahkan Klik link Download GBPP dan SAPdownload[4]

Minggu, 09 Mei 2010

DOWNLOAD MATERI PENYUSUNAN HANDOUT, MODUL SERTA DIKTAT.

Download Materi Penyusunan Handout, Modul serta Diktat.
Kualitas pendidikan di perguruan tinggi di tentukan oleh banyak factor, baik factor Hardware maupun Softwarenya, yang mencakup kualitas inputnya yaitu dosen, mahasiswanya dan karyawan dan fasilitas fisiknya. Terlepas dari itu yang tidak kalah pentingnya adalah kurikulum yang di gunakan serta cakupan materi yang akan di berikan kepada mahasiswa. Oleh karena itu untuk memberikan materi yang berkualitas perlu adanya persiapan yang baik dan matang terkait mutu pembelajaran. Persiapan yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan mendesain Handout, Modul serta Diktat yang akan digunakan sebagai bahan pembelajaran sesuai dengan standart mutu yang telah ditetapkan di tingkatan Univesitas. Berikut ini adalah rencana persiapan penyusunan Handout, Modul serta Diktat apabila tertarik untuk mempelajari silahkan klik link Download Materi Penyusunan Handout, Modul serta Diktat.

download[4]

DOWNLOAD PENYUSUNAN SILABUS, GBPP DAN SAP

Penyusunan Silabus, GBPP dan SAP
Kualitas pendidikan di perguruan tinggi di tentukan oleh banyak factor, baik factor Hardware maupun Softwarenya, yang mencakup kualitas inputnya yaitu dosen, mahasiswanya dan karyawan serta fasilitas fisiknya. Terlepas dari itu yang tidak kalah pentingnya adalah kurikulum yang di gunakan serta cakupan materi yang akan di berikan kepada mahasiswa. Oleh karena itu untuk memberikan materi yang berkualitas perlu adanya persiapan yang baik dan matang terkait mutu pembelajaran. Persiapan yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan mendesain Silabus, GBPP dan SAP sesuai dengan standart mutu yang telah ditetapkan di tingkatan Univesitas. Berikut ini adalah rencana persiapan penyusunan Silabus, GBPP dan SAP apabila tertarik untuk mempelajari silahkan klik link Download Materi Penyusunan Silabus, GBPP dan SAP.download[4]