FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN MEDIA MASSA
(KORAN)
(KORAN)
A.Latar belakang Masalah
Ciri manusia modern adalah ketika manusia mengambil keputusan berdasarkan cara-cara yang ilmiah dan berdasarkan sumber informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu pemenuhan terhadap kebutuhan informasi sangat di perlukan. Untuk menunjang pemenuhan kebutuhan tersebut maka di perlukan sumber informasi yang dapat memberikan pemenuhan terhadap kebutuhan dan keiinginan sehingga terpenuhilah kebutuhan akan informasi tersebut.
Media massa sebagai salah satu alat untuk membantu pemenuhuan kebutuhan akan informasi sangat dibutuhkan keberadaannya, oleh karena itu masyarakat mengharapakan adanya media massa yang dapat menyajikan informasi secara akurat. Oleh karena itu tututan masyarakat itu maka media massa mau tidak mau harus mengadopsi kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap kebutuhan media massa sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan akan informasi.
Dimasyarakat sekarang ini banyak media yang beredar baik media cetak yang berupa majalah, surat kabar, dan buletin, maupun media elektronik yang berupa radio, televisi dan internet hal itu memberikan alternatif pilihan media tergantung jenis informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Banyaknya media manandakan semakin maraknya industri media masa yang sekaligus memberikan pilihan kepada masyarakat teradap media yang cocok untuknya. Oleh karena itu media apapun berlomba mengejar omset penjualan dengan ingin menyajikan kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap media. Dari sisi ini timbul persaingan untuk memperebutkan pasar sehingga kadang-kadang media sudah kebabalasan dalam mengulas suatu fakta. Dengan fenomena seperti ini maka masyarakat menjadi bingung untuk memilih media yang benar-benar obyektif, oleh karena itu diperlukan cara yang efektif dan efisien untuk menentukan pilihan media untuk kebutuhan informasinya.
Media yang ada di masyrakat sekarang ini juga membuat strategi harga yang berbeda, bentuk dan metode penyajian yang bereda penetapan harga, sarana promosi dan strategi distribusi sehingga media benar-benar ingin menjadi pembeda bagi media yang lainnya. Oleh karena itu dalam kesempatan ini peneliti ingin melakukan penelitian yang berkaitan dengan pemilihan media massa di yogyakarta dengan judul: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT YOGYAKARTA DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN MEDIA MASSA. Untuk naskah lebih lanjut klik link diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar